Beranda » Informasi » Cara membuat paspor untuk umroh secara online

Paspor merupakan syarat kunci untuk memulai merencanakan perjalanan umroh. Paspor merupakan sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang memiliki wewenang dari suatu negara yang berisi identitas pemilik paspor yang meliputi foto pemegang, tanda tangan, tempat dan tanggal lahir, informasi kebagsaan dan informasi lainnya untuk melakukan perjalanan antar negara dengan jangka waktu yang ditentukan. Belum mempunyai paspor? Kini kita bisa membuat paspor untuk umroh secara online.

Untuk membuat paspor untuk umroh secara online amat mudah. Hanya ada 3 (tiga) langkah yang dibutuhkan kok.

  1. Submit Data Via Website Ditjen Imigrasi RI
  2. Proses Verifikasi Data, Foto, Wawancara & Pembayaran
  3. Pengambilan Paspor

Submit Data Via Website Ditjen Imigrasi RI

  1. Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan: KTP, KK, dan Akte Kelahiran
  2. Buka situs Ditjen Imigrasi Indonesia di www.imigrasi.go.id lalu lihat menu bagian atas website tersebut, arahkan kursor mouse ke Layanan Publik – Layanan online – Layanan Paspor Online.
  3. Pilih menu Pra Permohonan Personal.
  4. Kolom yang perlu diisi:
    • Jenis permohonan: Baru – Paspor biasa
    • Jenis paspor : 48H Perorangan
    • Kantor imigrasi: Kanim Kelas I Yogyakarta (diisi yang terdekat dengan lokasi pemohon). Kemudian pilih : Lanjut

    Cara membuat paspor untuk umroh secara online jenis paspor

  5. Mengisi halaman Identitas. Dihalaman ini anda akan diminta untuk mengisi semua data anda dengan sebenar-benarnya jangan sampai ada yang salah satu huruf atau angka apapun. jika anda sudah yakin dengan isian anda maka anda bisa pilih “Lanjut”. Lihat gambar berikut.
    Cara membuat paspor untuk umroh secara online mengisi ID
  6. Membayar tagihan di Bank BNI dan hanya bisa melalui teller.
  7. Kembali ke aplikasi pendaftaran paspor dan memilih waktu untuk foto dan wawancara di kanim yang dipilih. Saat wawancara jangan lupa membawa dokumen identitas asli dan beserta fotokopinya rangkap 3 (tiga).

Proses Verifikasi Data, Foto, Wawancara & Pembayaran.

Agar tidak salah saat verifikasi data saya akan memberi beberapa tips agar anda tidak harus bolak-balik.

  1. Saat datang ke kantor Imigrasi jangan lupa untuk membawa berkas-berkas asli dan juga foto copy (disiapkan sebelum ke kanim).
  2. Setelah anda melakukan pembayaran, anda harus melakukan foto dan wawancara yang dilakukan diruangan lain di kantor tersebut.
  3. Pastikan anda memakai pakaian yang rapih dan pantas. Warna pakaian selain putih dan berjilbab untuk wanita. Hanya sekedar saran dari saya saat anda wawancara sebaiknya anda menggunakan kemeja.
  4. Setelah selesai pengambilan foto dan wawancara, pihak dari kantor akan menentukan waktu untuk pengambilan paspor. Pastikan anda mengabil paspor dihari yang sudah ditentukan oleh petugas kantor Imigrasi. Jangan sampai terlambat walaupun batas waktu expried nya sampai 30 hari, karena jika lebih dari batas maka paspor anda akan digunting atau dimusnahkan.

Pengambilan Paspor

Saat pengambilan paspor kita bisa lebih santai dan tidak perlu terburu-buru karena kita tidak perlu mengantri lagi, langsung saja serahkan bukti pembayaran ke loket pengambilan paspor. Namun jangan kesiangan juga dan jangan lupa untuk membawa kuitansi bukti pembayaran atau tanda terima pengajuan paspor. Tidak menunggu lama nama anda akan dipanggil oleh bagian loket pengambilan paspor.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.